SELAMAT DATANG DI BLOG SDN 3 CIKAMUNDING SELAMAT DATANG DI BLOG SDN 3 CIKAMUNDINGSELAMAT DATANG DI BLOG SDN 3 CIKAMUNDING SELAMAT DATANG DI BLOG SDN 3 CIKAMUNDING

Menu Navigasi

Jumat, 21 November 2014

Cara Cek NISN

Menemukan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

Nop 21.Posted By : Vimen (SDN 3 Cikamunding)
Format ijazah tahun pelajaran 2013/2014 berbeda dengan tahun-tahun lalu. Perbedaan tersebut adalah form pengisian NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Pada tahun-tahun lalu hal ini tidak ada. Beberapa sekolah mungkin dibuat bingung karena siswa-siswanya tidak mempunyai NPSN, karena tidak pernah mengusulkan NPSN. Namun jangan khawatir, ternyata NISN itu digenerate otomatis oleh sistem dapodik. Jadi walaupun sekolah tidak pernah mengusulkan NPSN, tetap siswa akan mendapatkan NISN.
Lalu dari manakah NISN itu digenerate? Saya belum mengetahui secara persis dari mana data itu diperoleh. Saya menduga data itu didapat (snkronisasi) dari Dapodik, yang untuk dikmen sering dikenal dengan PAS (Paket Aplikasi Sekolah). Untuk tahun 2014 aplikasi PAS sudah tidak ada lagi, namun diganti dengan DAPODIKMEN yang berbasis desktop dan web.

Cara Menemukan NISN

  1. Buka http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data, maka akan muncul tampilan seperti berikut iniNISN1
  2. Klik tab “Pencarian Berdasarkan Nama” maka akan muncul tampilan seperti iniNPNS2
  3. Masukan dengan BENAR nama siswa, tempat lahir dan tanggal lahir
  4. Klik tombol “cari”
Bila pengisian datanya benar maka didapat data NISN seperti contoh di bawah ini
NISN3
Namun sayangnya, saat ini pencarian NISN tidak dapat dilakukan secara kolektif, jadi harus dicari satu-persatu. Merepotkan ya? Tidak apa-apa yang penting dapat NISN untuk pengisisian ijazah.

Tidak ada komentar:

PERHATIAN :

Hati-hati Penipuan dengan berbagai cara untuk menarik perhatian korban