SELAMAT DATANG DI BLOG SDN 3 CIKAMUNDING SELAMAT DATANG DI BLOG SDN 3 CIKAMUNDINGSELAMAT DATANG DI BLOG SDN 3 CIKAMUNDING SELAMAT DATANG DI BLOG SDN 3 CIKAMUNDING

Menu Navigasi

Jumat, 19 Desember 2014

Pengertian Gelar Lc ?

Habiburrahman el Shirazy, Lc

     Beberapa hari yang lalu saya menonton acara TV yang pengisi acaranya adalah seorang ustadz yang memiiki gelar Lc. Gear ini juga pernah saya dengan beberapa tahun lalu ketika kakak sepepu saya berkuiah di salah satu universitas islam negeri di negeri kita. Lalu saya mulai mencari tahu apa arti dari gelas Lc? Kepada siapa gelar ini diberikan? Lembaga pendidikan mana yang memberikan gelas ini?

   Dikutip dari pengetahuan-inspirasi.blogspot.com, Hatta Syamsuddin di dalam webnya menyakini bahwa Lc adalah sebutan bagi lulusan universitas Timur Tengah dan termasuk di dalamnya adalah LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab Jakarta) Jakarta. Intinya mereka yang belajar bahasa arab dan syariah di kampus luar negri atau LIPIA itulah yang disandangkan gelar Lc padanya. Gelar 'Lc' sendiri bukan singkatan dari Bahasa Arab, tetapi berasal dari istilah bahasa Inggris, yaitu Licence, yang bisa diartikan sebagai gelar sarjana strata satu (S1). Walaupun demikian di Arab gelar S1 dann S2 jarang sekali disematkan di belakang nama seseorang, sedangkan gelar S3 merupakan yang paling sering dicantumkan.Mengapa gelar yang dipakai berasal dari Bahasa Inggris? Hal ini dikarenakan jaman dulu Arab dan beberapa negara Timur Tengah merupakan negara jajahan inggris sehingga mewariskan beberapa istilah khusus. Seperti di Indonesia yang juga mempunyai beberapa kata serapan yang berasal dari Belanda, misalnya Drs. (Dokterandus). Pada akhirnya gelar Lc yang disematkan kepada alumni Timur Tengah dan LIPIA bukanlah sebuah gelar yang bisa dipertanggungjawabkan secara aturan perundang-undangan dan legalisasi di Indonesia. Gelar tersebut lebih sebagai penghargaan, husnudzhon sekaligus harapan dari masyarakat kepada para ustadz alumni LIPIA dan Timur Tengah.

Tidak ada komentar:

PERHATIAN :

Hati-hati Penipuan dengan berbagai cara untuk menarik perhatian korban